Cara Mengobati Sakit Kedinginan

Di Indonesia dikenal dengan dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Saat musim hujan tiba, curah hujan yang turun melebihi dari yang biasanya. Dengan curah hujan yang lebih banyak di setiap harinya, membuat keadaan udara terasa lebih dingin dibanding saat musim panas. Terlebih saat malam hari tiba, udara jauh lebih dingin lagi. Hal inilah yang membuat banyak orang mengalami kedinginan.

Cara Mengobati Sakit Kedinginan

Kedinginan dan menggigil adalah hal biasa yang semua orang pasti pernah mengalaminya. Namun, ada juga sebagian orang yang lebih rentan kedinginan dibanding yang lainnya. Misalnya mereka yang menderita penyakit yang tidak bisa terkena dingin seperti penyakit long. Atau ada juga mereka yang (maaf) berbadan kurus yang tentu lebih mudah kedinginan dibanding mereka yang mempunyai banyak lemak.

Meskipun kedinginan adalah hal sepele, namun jangan pernah meremehkan hal ini. Kedinginan yang terjadi dalam waktu yang cukup lama, bisa berakibat fatal. Telah banyak bukti di pemberitaan bahwa adanya orang yang meninggal dunia karena pembekuan darah akibat kedinginan. Nah, agar hal ini tidak terjadi kepada kita, alangkah baiknya kita berusaha dan berdo'a, serta berusaha dengan mencari tau cara mengatasi kedinginan.

Baiklah, untuk tipsnya bisa dibaca dibawah ini :

1. Menggosok-gosok kedua telapak tangan

Dengan menggosok kedua telapak tangan akan memberikan sedikit kehangatan pada telapak tangan Anda. Teknik ini hampir sama dengan yang dilakukan manusia purba, yaitu menggosok-gosok dua buah katu hingga panas dan menjadi api.

2. Memakai Jaket Dan Berselimut


Segera memakai jaket tebal dan berselimut merupakan upaya untuk melindungi tubuh dari hawa dingin yang datang dari luar. Ini adalah cara mengatasi kedingan yang paling banyak dilakukan banyak orang.

3. Memakai Balsem

Balsem merupakan krim yang menimbulkan sensasi panas saat dipakai. Untuk itu, saat kedinginan segeralah oleskan oleskan balsem pada bagian tenggorokan, leher belakang, dada, dan mintalah bantuan seseorang untuk mengoleskannya dibagian punggung. Dengan disertai pijitan di pundak dan punggung, akan lebih efektif untuk segera menghangatkan tubuh.

4. Minum Air Hangat

Dengan minum air hangat akan membuat perut menjadi hangat, dan tentunya membangun kehangatan dari dalam.

5. Duduk Di Depan Api
Buatlah api unggun atau nyalakan api di tungku, kemudian duduklah didepan api tersebut hingga badan Anda terasa hangat.

6. Berjemur

Jika kedinginan tiba-tiba menyerang saat siang, berjemurlah dibawah terik matahari secukupnya hingga badan terasa hangat.

7. Minum Wedang Jahe Hangat Manis

Ini adalah cara paling nikmat diantara cara lainnya. Selain rasanya yang enak, wedang jahe terbukti dapat menghangatkan tubuh. Cara membuatnya pun mudah, kupas dan cuci jahe, potong-potong atau ditumbuk, kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Setelah itu saring air rebusan tadi, berikan gula secukupnya, kemudian siap diminum. 

Dari Berbagai Sumber
0 Komentar untuk "Cara Mengobati Sakit Kedinginan"

Back To Top