Cara Mudah Mengobati Sakit Panas Dalam

Ketika salah satu dari keluarga Anda ada yang mengalami panas dalam janganlah segera panik, sebab kepanikan bukanlah solusi yang baik malah akan menambah beban masalah. Saat panas dalam atau sariawan menyerang segera obati dan atasi dengan obat herbal.
Sariawan atau panas dalam kerap menimpa siapapun baik orang dewasa anak kecil, bayi atau balita, bahkan kakek-kakek, nenek-nenek, terlebih untuk Anda yang suka makanan pedas, kurang minum, serta jarang makan buah-buahan. Inti permasalahanya dari terjadinya panas adalam adalah kekurangan asupan vitamin C.


Cara Mudah Mengobati Panas Dalam

Sedangkan gejala yang timbul dari penyakit ini biasanya diawali dengan sulit untuk menelan makanan, bibir pecah-pecah, bau nafas tidak sedap sebab bau mulut ini datangnya dari lambung, tenggorokan terasa sakit dan kering, kadang terjadi demam yang mengakibatkan kondisi badan tidak enak.

Nah dari gejalanya ini mengakibatkan Anda amat tidak nyaman juga mengakibatkan tidak enak ketika waktu makan, walaupun toh tersedia jenis makanan yang enak namun disaat panas dalam kita tida bergairah menyantapnya. Dengan kondisi bau mulut yang kurang sedap bisa mengakibatkan berkomunikasi dengan orang lain cenderung rikuh, atau bahkan orang lain bisa menghindar dari Anda lantaran bau mulut yang kurang sedap.
Yang lebih menyedihkan adalah ada sebagian orang yang terkena sariawan secara terus menerus hanya bisa sembuh sekitar seminggu kemudian muncul lagi begitu juga seterusnya.

Jadi dengan adanya panas dalam ini membuat kita tidak nyaman baik ketika beraktifitas, berkomunikasi dengan orang lain, bahkan tidurpun kurang nyenyak. Lantas bagaimana cara mengobati dan mengatasi panas dalam tersebut ? Solusi menghindari panas dalam sebenarnya mudah, yaitu dengan menjahui jenis makanan dan perilaku yang bisa menyebabkan panas dalam.

Apa saja obah herbal untuk mengobati panas dalam?
Obat panas dalam alami dari herbal sudah tidak asing bagi kita, dan begitu sangat mudahnya untuk kita peroleh, begitu juga dalam masalah meramu dan penggunaanya sangat mudah, dan yang jelas lebih aman daan efektif ketimbang menggunakan obat-obatan kimia berbahaya dalam jangka kedepanya. Lalu bahan obat panas dalam yang lebih aman tersebut seperti apa, berikut ini diantaranya :

1. Kelapa Hijau Muda
Kelapa muda yang menyegarkan bisa menjadi alternatif untuk menyembuhkan panas dalam. Caranya campur 1 buah air kelapa dengan 3 sendok makan madu asli, minum sehari sekali saja.
 
2. Cuka Sari Apel Organik 
Cuka sari apel organik juga dapat digunakan sebagai alternatif pilihan untuk mengurangi rasa sakit tenggorokan. Caranya dengan berkumur dengan menggunakan cuka sari apel. Cuka apel dianggap dapat membersihkan tenggorokan namun tidak sekeras jenis cuka lain. Selain itu satu sendok Wiski Bourbon dicampur segelas air hangat juga bisa digunakan untuk berkumur. Cairan ini mematikan bakteri sekaligus menenangkan tenggorokan.
3. Madu dan Perasan Lemon
Obat standar untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah dengan satu sendok minum madu murni dalam air hangat dengan perasan lemon merupakan cara alami yang terbaik. Cara ini dapat melapisi dan akan menenangkan iritasi pada tenggorokan.
4. Rambut Jagung Muda
Jagung bukan hanya enak untuk dimakan tetapi punya khasiat juga untuk penyembuhan panas dalam. Caranya dengan merebus segenggam rambut jagung dengan air, kemudian tambahkan sedikit jahe, dan gula batu, saring. Setelah disaring maka minum airnya sehari sekali saja, minum ramuan ini hingga panas dalam anda sembuh.
5. Kacang Hijau
Caranya rebus dua genggam kacang hijau dengan air, kemudian tambahkan dua ruas jahe dan gula batu secukupnya, minum dua kali sehari. Terus minum sampai panas dalam anda betul-betul hilang.
6. Telur Ayam Kampung
Gunakan telur ayam kampung dengan mencampurnya dengan satu sendok madu dan sedikit sari kunyit, minum dengan sekali tegukan, dan jangan lupa istirahat yang cukup.
7. Air Garam
Berkumur dengan air garam atau larutan lain menjadi solusi lain untuk membantu mengurangi sakit tenggorokan disebabkan iritasi udara kering atau alergi yang disebabkan oleh panas dalam.
8. Kencur
Kencur selain untuk panas dalam kencur juga berkhasiat untuk mengatasi batuk. Ambil kencur sebesar ibu jari lalu cuci bersih kencur kemudian parut sampai halus, beri sedikit air hangat dan madu kemudian diminum 2x sehari.

Nah demikian bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk mengusir panas dalam.

Dari Berbagai Sumber
0 Komentar untuk "Cara Mudah Mengobati Sakit Panas Dalam"

Back To Top